EKONOMI REKAYASA – MEKANISME PASAR

MEKANISME PASAR

  1. Pengertian

Pasar adalah suatu tempat terjadinya kegiatan jual beli antara penjual dan pembeli dengan cara tawar menawar barang atau jasa sehingga terbentuklah suatu harga kesepakatan.

  1. Permintaan Individu dan Permintaan pasar

Permintaan individu adalah jumlah suatu komoditi yang tersedia dibeli individu per periode wktu tertentu, merupakan fungsi dari atau tergantung pada harga komoditi tersebut, pendapatan harga komoditi lain, dan citarasa individu melalui variasi harga komoditi tadi, sementara menganggap konstan (tetap) pendapatan individu, harga komoditi lain dan citarasa individu (asumsi cateris paribus), maka dapat diperoleh tingkat atau besar permintaan individu untuk komoditi tersebut.

Permintaan pasar adalah suatu permintaan yang menunjukan jumlah alternatif dari suatu komoditi yang diminta pada jangka waktu tertentu pada bebagai harga alternatif oleh semua individu yang ada di pasar.

– Permintaaan pasar (agregat) menunjukan jumlah alternatif dari komoditi yang diminta per periode waktu, pada berbagai harga alternatif oleh semua individu yang ada di pasar.

– Permintaan pasar tergantung pada semua faktor yang menentukan permintaan individu dan selanjutnya pada jumlah pembeli di pasar.

– Kurva permintaan pasar diperoleh dengan menjumlahkan dari semua permintaan individu.

  1. Hukum Permintaan

Hukum prmintaan pada hakekatnya merupakan hipotesis yang menyatakan:

“ Semakin rendah harga suatu barang, maka semakin banyak permintaan terhadap barang tersebut. Sebaliknya, semakin tinggi harga, maka semakin sedikit permintaan untuk barang tersebut.

  1. Pergeseran Kurva Permintaan Individu

Pergeseran kurva permintaan individu terjadi apabila salah satu dari kondisi cateris paritus mengalami perubahan, maka seluruh kurva permintaan akan mengalami pergeseran. Ini disebut sebagai perubahan permintaan yaitu sebagai lawan dari perubahan jumlah yang diminta, yang merupakan pergerakan sepanjang kurva permintaan yang sama.

Kurva permintaan untuk (Dx)x akan bergeser apabila kurva permintaan individu bergeser (kecuali pergeseran yang terahir menetralisir satu sama lain) dan akan berubah dari waktu kewaktu bila jumlah konsumen di pasar untuk komoditi x berubah.

clip_image001

1000

0

Px ($)

Q Dx

8

0

7

1000

6

2000

5

3000

4

4000

3

5000

2

6000

1

7000

0

8000

  1. Permintaan Pasar Untuk Suatu Komoditi

Merupakan suatu komoditi yang menunjukan jumlah alternatif dari komoditi yang diminta per periode waktu pada berbagai harga alternatif oleh semua individu didalam pasar. Oleh karena itu permintaan pasar untuk suatu komoditi tergantung pada semua factor yang menentukan permintaan individu dan seterusnya pada jumlah pembeli komoditi tersebut di pasar.

  1. Penawaran Komoditi Oleh Produsen Tunggal

– Jumlah komoditi yang ditawarkan produsen per periode waktu tertentu adalah suatu fungsi dari atau tergantung pada harga komoditi itu dan biaya produksi untuk produsen tersebut.

– Agar dapat diperoleh skedul penawaran ujntuk produsen dan kurva penawaran suatu komoditi, faktor-faktor yang mempengaruhi biaya produksi harus dipertahankan konstan (cateris paribus).

– Faktor-faktor yang mempengaruhi biaya produksi; teknologi, harga input yang diperlukan untuk memproduksi komoditi tersebut, dan untuk pertanian,kondisi iklim dan cuaca.

  1. Ekuilibrium

Secara geometris, ekuilibrium terjadi pada perpotongan antara kurva permintaan pasar dan kurva penawaran pasar, hal ini terjadi bila jumlah komoditi yang diminta dalam pasar per unit waktu sama dengan jumlah komoditi yang ditawarkan selama periode yang sama.

  1. Pengukuran Elastisitas

Koefisien elastisitas harga dari permintaan (e) mengukur persentase jumlah komoditi yang diminta per periode waktu yang diakibatkan oleh persentase perubahan harga tertentu dari komoditi tersebut.

clip_image002e = – ∆Q / Q = – ∆Q . P

clip_image003clip_image004P / P ∆clip_image004[1]P Q

∆Q = perubahan jumlah komoditiyang diminta

∆P = perubahan harga komoditi tersebut

Bilamana permintaan disebut elastis jika e>1, inelastis jika e<1, dan elastisitas uniter jika e=1

  1. Elasisitas Titik dan Elastisitas Busur

– Elastisitas titik dari permintaan merupakan koefisien elastisitas harga prmintaan pada suatu titik tertentu pada kurva permintaan.

– Elastisitas busur merupakan koefisien elastisitas harga dari permintaan pada suatu titik tertentu pada kurva permintaan antara dua titik dari suatu kurva permintaan. Karena pada umumnya koefisien elastisitas harga permintaan berbeda pada tiap titik sepanjang kurva permintaan, maka elastisitas busur hanya merupakan suatu perkiraan dimana perkiraan tersebut semakin tepat bilamana busur itu semakin kecil dan mendekati suatu titik dalam limit.

– Elastisitas titik (porut elasticity) secara geometri dapat diperoleh dari gambar dengan perhitungan rumus diatas.

clip_image005

5000

1000

clip_image006clip_image002[1]e = – ∆Q . P

∆P Q

= NM . NC

clip_image007clip_image008 NC ON

= 4000 = 4

clip_image009 1000

clip_image010

clip_image009[1]e = ML

DM

clip_image011= 2500 = 1

2500

  1. Elastisitas Silang Dari Permintaan

Elastisitas dari permintaan merupakan rasio persentase perubahan jumlah komoditi X yang dibeli per unit waktu terhadap persentase perubahan harga komoditi Y. Jika exy > 0, X dan Y adalah barang subtitusi. Jika exy < 0, X dan Y merupakan barang komplementer, dan jika exy = 0, X dan Y tidak berhubungan (bebas).

  1. Elastisitas Titik dan Pengeluaran Total

Kurva permintaan yang berbentuk garis lurus elastis diatas titik tengahnya, tidak terdapat generalisasi untuk kurva permintaan yang bukan berbebtuk garis lurus dan inelastic dibawah titik tengah. Dalam hal khusus, bilamana kurva permintaan berbentuk hiperbola persegi panjang.

  1. Struktur Pasar

Didalam mekanisme pasar terdapat empat bentuk atau struktur pasar yaitu :

  1. pasar sempurna

Pasar persaingan sempurna dapat didefinisikan sebagai struktur pasar atau industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli , dan setiap penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan di pasar.

Didalam persaingan sempurna terdapat ciri-ciri sebagai berikut:

  1. pengambilan harga ditetukan oleh perusahaanatau dengan kata lain perusahaan adalah pengambil harga, berarti suatu perusahaan yang ada didalam pasar tidak dapat menentukan atau mengubah atau menentukan harga pasar.
  2. setiap perusahaan mudah keluar atau masuk kedalam pasar.
  3. barang yang dihasilkan berbagai perusahaan tidak mudah untuk dibedakan. Barang yang dihasilkan sangat sama dan serupa.
  4. terdapat banyak perusahaan di pasar.
  5. pembeli mempunyai pengetahuan sempurna tentang pasar.
  1. Monopoli

Merupakan suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu perusahaan saja, dan perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat.

Dalam monopoli mempunyai ciri-ciri yang sangat berbeda dengan pasar persaingan sempurna:

  1. pasar monopoli adalah industri satu perusahaan.
  2. barang yang dihasilkan pasar monopoli tidak dapt digantikan oleh barang lain yang ada dalam pasar.
  3. tidak terdapat kemungkinan untuk masuk kedalam industri.
  4. harga dapat dikuasai oleh perusahaan monopoli.
  5. promosi iklan perusahaan monopoli kurang diperlukan.
  1. persaingan monopolistik

Dalam monopoli iklan tidak terlalu diperlukan oleh karena barang yang dihasilkan satu-satunya di pasar. Tetapi didalam persaingan monopolistik perlu dilakukan periklanan oleh karena barang yang dihasilkan berbeda corak. Pasar persaingan monopolistik dapat dikatakan sebagai suatu pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang berbeda corak.

Ciri-ciri pasar persaingan monopolistik:

  1. terdapat banyak penjual
  2. barang coraknya berbeda
  3. perusahaan mempunyai sedikit kekuasaan mempengaruhi harga
  4. tidak terlalu banyak kesukaran untuk menjalankan usaha didalam pasar monopolistik
  5. persaingan mempromosikan penjualn sangat aktif
  1. oligopoli

Dalam perekonomian yang sudah maju, pasar oligopoli banyak terdapat karena teknologi sudah sangat modern.

Pasar oligopoly mempunyai beberapa ciri khas:

  1. mengahsilkan barang standard maupun berbeda corak.
  2. kekuasaan menentukan harfga adakalanya lemah dan adakalanya sangat tangguh.
  3. pada umumnya perusahaan oligopoly, perlu melakukan promosi secara iklan.

LATIHAN SOAL

2. Jelaskan pengertian individu terhadap suatu produk?

Permintaan individu terhaadap suatu produk adalah jumlah suatu komoditi atau produk yang tersedia dibeli individu selama periode waktu tertentu, merupakan fuungsi dari atau tergantung harga produk, pendapatan individu, harga produk lain, jumlah produk dan citarasa individu.

Jelaskan variabel yang mempengaruhi permintaan !

Variabel atau factor-faktor yang menentukan permintaan terhadap suatu produk :

  1. harga barang itu sendiri
  2. harga barang lain yang berkaitan dengan barang tersebut
  3. pendapatan rata-rata dan pendapatan masyarakat
  4. corak distribusi pendapatan dalam masyarakat
  5. jumlah produk
  6. ramalan mengenai keadaan dimasa yang akan dating
  7. citarasa masyarakat

untuk analisis ekonomi yang lebih sederhana disebutkan bahwa:

“permintaan suatu barang terutama dipengaruhi oleh tingkat harganya”.

Jelaskan pengertian asumsi cateris paribus?

Asusmsi cateris pariibur adalah menganggap konstan atau tetap pendapatan, harga produk lain da citarasa (factor-faktor selain harga barang itu sendiri, dianggap tidak mengalami perubahan).

  1. bagaimana suatu kurva permintaan dapat bergeser?
    suatu kurva prmintaan bergeser apabila salah satu dari kondisi cateris paribus berubah (terdapat perubahan-perubahan yang ditimbulkan oleh factor-faktor bukan harga).
  1. jelaskan pengertian ekuilibrium pasar?

Ekuilibrium pasar adalah keadaan suatu pasar apabila jumlah barang yang ditawarkan pada suatu harga terteeentu adalah sama dengan jumlah yang dimnta pada harga tersebut selama periode yang sama.

  1. bentuk pasar yang bagaimanakah ekuilibrium pasar hanya ditentukan oleh kekuatan permintaan dan penawaran?

Harga ekuilibrium dan jumlah ekuilibrium dari suatu komoditi yang semata-mata hanya ditentukan oleh interaksi kekuatan-kekuatan permintaan dan penawaran hanya terdapat dalam pasar persaingan sempurna, yaitu pasar yang jumlah pembeli dan penjual dari komoditi yang identik sedemikian banyaknya, hingga pembeli dan penjual tidak mampu mempengaruhi harga komoditi tersebut.

  1. permintaan disebut elastis jika nilai e>1, inelastis jika e<1, dan elastisitas uniter jika e=1, jelaskan dengan bantuan gambar arti dari masing-masing kondisi tersebut?

Koefisien elastisitas permintaan(e); nilai perbandingan antara persentase perubahan jumlah barang yang diminta dengan persentase perubahan harga nilai koefisen elastisitas berkisar diantara nol dan tak terhingga.

  1. elastis, jika nilai koefisien e>1

Apabila harga berubah maka permintaan akan mengalami perubahan dengan persentasi yang melebihi persentase perubahan harga.

  1. inelastis jika e<1 atau nilai e antara nol dan satu

apabila persentasi perubahan harga lebih besar daripada persentasi jumlah permintaan.

  1. uniter jika e=1

apabila jumlah permintaan naik, harga turun dan pengeluaran total maksimum (mencapai titik puncak).

Tambahan

  1. elastis sempurna jika e~ (tidak terhingga)

apabila pada suatu harga tertentu pasar sanggup membeli semua barang yang ada di pasar dan semuanya dapat terjual.

  1. inelastis sempurna jika e=0

apabila perubahan harga tidak akan mengubah jumlah permintaan.

Titik

Px (Rp)

Qx

Pengeluaran total (Rp)

e

A

B

C

D

F

G

H

L

M

8

7

6

5

4

3

2

1

0

0

1000

2000

3000

4000

5000

6000

7000

8000

0

7000

12000

15000

16000

15000

12000

7000

0

7

3

5/3

1

3/5

1

3/5

1/3

1/7

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s