Partisi Harddisk Dengan Booting

Partisi harddisk, kadang sering kita dengar kata itu, tapi apa sih maksud dari partisi harddsik itu? Secara umum partisi harddisk ialah proses memberi bagian atau memecah ruang harddisk yang tersedia menjadi beberapa bagian. Contoh, jika kita mempunyai harddisk sebesar 250 GB yang belum di partisi, maka jika kita membuka my computer maka akan terbaca sebagai Local Disk (C:) namun terkadang kita melihat di komputer lain dengan besar harddisk yang sama tetapi terbaca 2 bagian atau bahkan lebih yaitu Local Disk (C:) dan Local Disk  (D:),Local Disk  (E:) inilah yang dimaksud harddisk di partisi menjadi beberapa bagian yang besarnya masing-masing bagian itu bisa kita sesuaikan berapa besar kapasitasnya.

Partisi harddisk bisa dilakukan dengan sofware seperti software Partition Magic contohnya dengan menggunakan Partition Magic Pro 8.0. atau dengan cara mempartisi harddisk tersebut saat kita menginstal OS atau windows, kata temen-temen dan bertanya-tanya pada beberapa ahli komputer, katanya  mempartisi lewat booting sedikit lebih aman, nah saya kurang mengerti amannya itu di bagian mana.

Sekarang langsung kita bahas saja mengenai partisi harddisk lewat bootting :

1. sebelum partisi kita hendaknya booting dulu (seperti saat kita mau nginstal windows)

1

2. saat kita masuk ke booting saat instal windows, tunggu sampai dalam menu seperti gambar…

2

TEKAN ENTER

3. kemudian kita akan masuk dalam menu seperti ini :

3

TEKAN F8

4. setelah itu kita masuk lagi ke menu seperti ini :

4

TEKAN Esc

5. terahir kita masuk lagi ke menu seperti ini :

5

6. setelah muncul menu tersebut diatas (seperti gambar), TEKAN D untuk menghapus semua partisi yang ada.

7. setelah semua partisi terhapus, TEKAN C untuk membuat partisi yang baru yang anda inginkan. silahkan anda masukan berapa kapasitas dari setiap partisi yang anda buat.

8. setelah anda membuat partisi dan selesai, arangkan ke partisi mana akan melakukan instalasi windows.

9. jalankan instalasi windows seperti biasa, setelah instalasi windows selesai, maka ketika anda membuka MY COMPUTER, maka anda akan melihat beberapa partisi yang sudah anda buat dengan nama LOKAL DISK C, LOKAL DISK D, LOKAL DISK E, dan seterusnya.

CATATAN PENTING :

INGAT, PARTISI HARDDISK DENGAN CARA BOOTING SEPERTI INI BIASANYA DI GUNAKAN UNTUK KOMPUTER BARU, DIMANA HARDDISK MASIH KOSONG ATAU BELUM MEMPUNYAI DATA, ATAU DATA-DATA ANDA SUDAH ANDA BACKUP TERLEBIH DAHULU, KARENA PARTISI SEPERTI INI AKAN MENGHAPUS DATA ATAU PARTISI YANG SUDAH ADA SEBELUMNYA BESRTA ISINYA.

TERIMAKASIH…..SELAMAT MENCOBA…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s